ANGKAT PARIWISATA KULONPROGO : Promosikan ke Travel Biro Halaman untuk diprint Beritahu teman

MESKI potensi pariwisata Kabupaten Kulonprogo cukupbagus, namun demikian potensi itu harus dapat diketahui banyak pihak. Jika potensi itu tidak dikenal, maka sulit mendatangkan wisatawan ke kabupaten paling barat DIY tersebut.

Menurut pelaku pariwisata yang juga Pimpinan Daya Tours Yogyakarta, Agung Prasetyo, promosi gencar perlu dilakukan oleh instansi terkait agar sejumlah tempat wisata kian dikenal oleh masyarakat, khususnya wisatawan dan juga pelaku pariwisata. Sejauh ini, tidak dapat dipungkiri, tidak sedikit para pelaku pariwisata yang belum mengenal potensi yang dimiliki Kulonprogo. Sehingga mereka tidak bisa menawarkan tempat wisata tersebut kepada para wisatawan.

Melihat kenyataan ini, tambah Agung, Pemkab Kulonprogo perlu melakukan promosi gencar, bahkan kalau perlu gebrakan yang terarah. Sehingga banyak para pelaku pariwisata, termasuk diantaranya travel biro, yang mengetahui lebih jauh mengenai potensi wisata daerah ini.

”Tidak dapat dipungkiri, travel biro ini merupakan ujung tombak bagi upaya mendatangkan wisatawan ke daerah. Jika mereka mengetahui memang potensinya bagus dan bakal disukai oleh wisatawan, maka travel biro tidak segan-segan membawa wisatawan datang ke lokasi,” ujarnya.

Dikemukakan Agung, saat ini sangat banyak travel biro di DIY, bahkan jumlahnya ratusan. Mereka memiliki peran yang besar dalam upaya mengajak wisatawan mengunjungi tempat-tempat yang dapat menyenangkan wisatawan.

Sejauh ini, memang sejumlah tempat yang sudah dikenal para wisatawan. Namun sayangnya, lokasinya lebih banyak di luar Kulonprogo. Seperti Kasongan (Bantul), Prambanan (Sleman), Borobudur (Magelang) dan tempat lainnya. Tempat tersebut menjadi suatu keharusan bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Jika ternyata Pemkab Kulonprogo dapat membuat potensi yang dapat menyamai tempat tersebut, atau paling tidak dapat memberikan kesan yang bagus bagi wisatawan, maka bisa menjadi lokasi rutin yang dapat dikunjungi wisatawan.

”Kita harapkan memang ada peningkatan jumlah wisatawan yang dapat ke Kulonprogo,” ujarnya. (Jon)-f.

source : kr.co.id

1 comments:

  Travel Report

1/06/2008 2:11 AM

Maju terus kota Jogya. We love Jogya very much!

Regards,
RIO, Jakarta