Awal Puasa, Hunian Hotel Masih Lesu

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tingkat hunian hotel bintang dan non bintang di Yogyakarta pada masa awal bulan ramadhan ini masih sepi. Sepinya pengunjung yang menginap di beberapa hotel bintang maupun non bintang memang sudah biasa. Selain banyak acara yang dikurangi, kebanyakan acara di hotel mulai ramai kalau sudah menjelang lebaran.
"Kalau seminggu menjelang lebaran dipastikan hunian hotel mulai ramai apalagi mereka yang pesan kamar memang menjalang lebaran," ungkap Santy- karyawan hotel Borobudur di Yogya utara yang berhasil ditemui .
Hal sama juga ditemui di kawasan Sosrowijayan dan Prawirotaman . Di kedua tempat ini sebelum puasa masih luamayan ramai, tapi di minggu pertama bulan puasa tingkat hunian kamar masih sepi.
Anton- staf hotel Sala di kawasan Sosrowijayan mengungkapkan tamu mulai ramai menjalang lebaran, apalagi hotel non bintang memang banyak dipesan anggota keluarga khususnya mereka yang datang dari luar kota.
"Kalau awal puasa seperti ini termasuk sepi, kadang belum ada tamu setiap hari, tapi itu sudah biasa," ungkap pria asal Bantul ini menambahkan.
Meski demikian, banyak pemilik hotel bintang dan non bintang yang kamarnya sudah dipesan tamu menjelang lebaran. Hotel Hyatt, misalnya permintaan tamu menjelang lebaran ini sudah mendekati 90%.
"biasa kami sering kehabisan kamar, overload kalau musim lebaran, sehingga tiap lebaran kamar hotel bintang ini penuh," ungkap Erwin- dari bagian marketing.
Mereka berharap lebaran tahun ini lebih ramai dibanding tahun lalu sehingga pariwisata Yogya lebih ramai lagi. (nur)

0 comments: